Rabu, 02 Juni 2010

Memahami Orang Lain

Kemampuan untuk memahami orang adalah salah satu aset terbesar yang mungkin dimiliki oleh setiap orang. Meahami orang lain menimbulkan dampak pada kemampuan anda berkomunikasi dengan orang lain. Jika anda belajar memahami orang, meliputi cara mereka berpikir, apa yang mereka rasakan, apa yang mengilhami mereka, bagaimana mereka bertindak dan bereaksi dalam situasi tertentu, anda pun dapat memotivasi dan mempengaruhi mereka secara positif.

# Mengapa Orang Gagal Memahami Orang Lain

- Ketakutan.

Ketika orang tidak memahami orang lain, mereka sering bereaksi dengan ketakutan. Begitu mereka mulai takut kepada orang lain, mereka jarang mengatasi ketakutan dengan belajar lebih banyak untuk memahami orang tersebut. Ini menjadi lingkaran setan.

- Sikap egois

Ini adalah penyakit anak berusia dua tahun, yang hanya memilih mainan terbaik untuk dirinya dan memaksakan kehendaknya. Agaknya setiap orang tidak sengaja bersikap egois; sudah menjadi kodrat manusia untuk memikirkan kepentingan sendiri terlebih dahulu. Untuk mengubah sikap egois menjadi penuh poemahaman memerlukan kemauan dan komitmen untuk selalu melihat segala sesuatunya dari sudut pandang orang lain.

- Kelalaian menghargai perbedaan

Langkah logis berikutnya sesudah meninggalkan sikap egois adalah belajar mengenal dan menghargai kualitas unik setiap orang. Belajarlah menghargai perbedaan mereka. Variasi merupakan dinamika yang menarik antar manusia.

- Gagal mengakui persamaan

Ketika anda belajar lebih banyak tentang iorang dan mengenal orang lain dengan baik, anda segera sadar bahwa orang mempunyai banyak kesamaan. Semua orang mempunyai reaksi emosional terhadap apa yang yang terjadi di sekeliling mereka. Untuk membantu perkembangan pemahaman, pikirkanlah bagaimana emosi anda nantinya jika berada dalam posisi yang sama seperti orang yang berinteraksi dengan anda.

# Hal-hal Yang Dibutuhkan Semua Orang Untuk Memahami Orang Lain

Mengetahui apa yang orang butuhkan adalah kunci untuk memahami mereka.

Jika anda dapat memahami mereka, anda dapat mempengaruhi dan menimbulkan pada hidup mereka dengan cara positif. Ada lima hal yang dapat diidentifikasikan;

1. Semua orang ingin menjadi penting

Tiada seorang pun di dunia yang tidak memiliki keinginan untuk menjadi seorang yang berarti. Bahkan orang yang paling tidak ambisius dan paling bersahaja ingin dipandang tinggi oleh orang lain.

2. Tak seorang pun peduli berapa banyak yang anda ketahui hingga ia tahu berapa banyak anda peduli

Untuk menjadi orang yang berpengaruh, anda harus mengasihi orang lain sebelum mencoba memimpin mereka. Saat orang lain tahu anda peduli dengan mereka, perasaan mereka terhadap anda pun berubah. Memperlihatkan kepada orang lain bahwa anda peduli tidak selalu mudah. Tantangannya adalah terus peduli akan mereka walau apa pun yang terjadi.

3. Setiap orang membutuhkan seseorang

Setiap orang membutuhkan persahabatan, dorongan, dan pertolongan. Apa yang dapat diselesaikan sendiri hampir tidak ada artinya dibanding dengan potensi mereka jika bekerja dengan orang lain. Mengerjakan hal-hal bersama orang lain cenderung membawa kepuasan. Setiap orang membutuhkan seseorang untuk mendampingi dan menolong. Jika anda memahami itu, bersedia memberi diri anda kepada orang lain dan menolong mereka; serta mempertahankan motif yang benar; hidup mereka dan anda dapat berubah.

4. Setiap orang dapat menjadi orang penting jika seseorang memahami dan mempercayainya

Begitu anda memahami orang dan mempercayai mereka, mereka benar-benar dapat menjadi orang penting. Tidak dibutuhkan banyak upaya untuk membantu orang lain merasa penting. Hal-hal kecil, yang sengaja dikerjakan pada waktu tepat, dapat membuat perbedaan besar.

5. Setiap orang yang menolong seseorang mempengaruhi banyak orang

Satu hal lagi yang perlu anda pahami adalah ketika menolong satu orang, anda sebenarnya menimbulkan dampak pada banyak orang lain. Apa yang anda berikan kepada satu orang melimpah ke dalam kehidupan semua orang yang dipengaruhi oleh orang itu. Sifat dasar pengaruh adalah pelibatgandaan. Bila anda menolong orang lain, anda selalu menerima lebih banyak daripada yang dapat anda berikan. Kebanyakan orang begitu bersyukur ketika ada orang lain membuat mereka merasa orang penting sehingga tidak bosan memperlihatkan rasa syukur mereka.

Pada akhirnya kemampuan untuk meahami orang adalah sebuah pilihan. Memang benar bahwa sebagian orang dilahirkan dengan naluri hebat yang memampukan mereka memhamai bagaimana orang berpikir dan perasaan mereka. Akan tetapi, walaupun anda bukan orang yang memiliki naluri demikian, anda dapat meningkatkan kemampuan anda untuk bekerja sama dengan orang lain. Setiap orang memiliki kemampuan untuk memahami, memotivasi dan mempengaruhi orang lain.

Jika anda benar-benar ingin membuat perbedaan dalam kehidupan orang lain, maka ambillah keputusan untuk memiliki hal-hal berikut:

1. Perspektif orang lain

Setiap kali anda melihat sesuatu dari perspektif orang lain, anda akan menerima cara yang sepenuhnya baru dalam memandang kehidupan. Anda pun akan menemukan cara-cara baru untuk menolong orang lain.

2. Empati pribadi

Ulurkan tangan kepada orang lain dengan tangan yang kuat, namun dengan yang lembut.

3. Sikap positif terhadap orang lain

Sikap anda terhadap orang lain adalah salah satu pilihan terpenting yang akan pernah anda buat. Jika cara berpikir anda positif, anda dapat menimbulkan dampak pada mereka.
by Ani Eka Dayanti

Tidak ada komentar:

Powered By Blogger