Selasa, 18 Mei 2010

VACATION




Hari Kamis Tanggal 15 mei 2010...
Ditengah kepenatan pikiran dengan tugas kuliah yang semakin hari semakin menumpuk..
hanya 1 kata yang sempat terlintas dipikiran "refreshing"
Kami ingin berekreasi sambil menapak sejarah yang mengandung nilai-nilai luhur. Maka dipilihlah Gua Selarong, yang berlokasi di perbukitan padukuhan Kembang Putihan, Pajangan Kabupaten Bantul, atau sekitar 14 kilometer selatan Yogyakarta. Dari lokasi Kampus, jaraknya mencapai 10 kilometer lebih.
Dalam sejarah perjuangan bangsa, gua Selarong digunakan sebagai markas gerilya Pangeran Diponegoro, dalam perjuangannya melawan penjajah Belanda, di sekitar tahun 1825 sampai 1830.
Namun sesampai di lokasi gua, sebagaimana pengunjung lain, kami begitu tertarik lokasi gua yang ada di bagian atas. Hampir seluruh teman teman lebih tertarik untuk menikmati pemandangan alam, berupa air terjun yang ada di sekitar gua, maupun menikmati alam sekitar dari gardu-gardu pandang yang tersedia.
Selain Itu, Tangga naik ke gua serta gardu pandangnya dibangun cukupan bagus. Pelataran parkir juga cukup menampung belasan kendaraan roda empat. Sementara tempat parkir sepeda motor dan sepeda kayuh juga tersedia.
Sayangnya, tidak ada brosur yang bisa dibawa pulang para pelancong yang menceritakan tentang gua Selarong, yang pernah digunakan sebagai markas Pangeran Diponegoro, putra Sri Sultan Hamengkubuwono III yang bernama kecil Raden Mas Ontowiryo itu.
Relief di bawah patung Diponegoro yang panjangnya sekitar tiga meter itupun tidak cukup jelas menceritakan apa yang digambarkan, karena tidak ada teks yang menyertainya.

Sendang yang konon ada nilai sejarahnyapun tidak banyak yang mendekatinya. Padahal hanya 200 meter dari jalan naik menuju bukit tempat gua kakung itu berlokasi.
Di depan gua, hampir tidak ada yang berlama-lama berhenti. Sebagian besar wisatawan hanya numpang lewat saja menuju ke dekat air terjun.
Bila lokasi gua hanya dinikmati secara sepintas, ada satu lagi yang hilang dari sejarah gua selarong, yakni sebagai penghasil jambu biji.

Hanya satu hal yang patut diapresiasi adalah, Semoga kunjuang kemarin kanjadi bingkisan terindah kita semua dan takkan terlupa teman..
selalu Kompak terus ya,,,

SEMANGAT!!!


Tidak ada komentar:

Powered By Blogger